Rendahnya kemampuan seorang pendidik (guru) dalam menulis karya ilmiah disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya kiurangnya pengetahuan dalam penulisan karya ilmiah, terbatasnya sumber bacaan berupa jurnal, dan tidak adanya jurnal yang tersedia di sekolah. Hal inilah yang melatarbelakangi Program Studi PPKn di tiga perguruan tinggi yaitu Universitas Buana Perjuangan Karawang, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, dan Universitas PGRI Madiun melaksanakan pelatihan bersama untuk mahasiswa ketiga kampus tersebut. Pelatihan dilaksanakan dengan tiga seri pelaksanaan, seri 1 diisi dengan materi isu-isu mutakhir PPKn pada 18 Desember 2020 dengan pemateri Dikdik Baehaqi Arif, M. Pd. Dari UAD Yogyakarta, seri 2 diisi dengan materi penulisan artikel ilmiah pada 22 Desember 2020 dengan pemateri Yogi Nugraha, M. Pd. Dari UBP Karawang, seri 3 diisi dengan materi teknik sitas, penelusuran referensi dan submit artikel di jurnal pada 28 Desember 2020 dengan pemateri Yoga Ardian Feriandi, M. Pd. Dari Unipma Madiun.

“Pelaksanaan kegiatan pelatihan penulisan artikel ilmiah PPKn secara daring ini bermanfaat bagi mahasiswa sebagai calon seorang guru agar dapat melaksanakan pengembangan diri kelak” demikian disampaikan Yogi Nugraha dalam sesi materi pada pelaksanaan pelatihan tersebut.

Kegiatan ini juga sebagai implementasi kerjasama yang telah dibangun oleh ketiga perguruan tinggi tersebut. Sebelumnya implementasi kerjasama juga telah dilaksanakan dengan melakukan pertukaran mahasiswa diantara ketiga Prodi PPKn di ketiga kampus. Kedepan, rencananya kegiatan-kegiatan kerjasama akan terus dilanjutkan demi kemajuan bersama dan membawa manfaat bagi bangsa dan negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.